Sri Mulyani Benar! Pantas Negara Maju Segitu Kagum Sama RI

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memberi sambutan di acara BRI Microfinance Outlook 2024, Jakarta, 7/4.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia¬†–Indonesia telah diakui banyak negara G20 sebagai negara dengan perekonomian yang cukup baik. Bahkan Indonesia dapat tumbuh melebihi negara G20 lainnya pasca pandemik Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membagikan pengalamannya saat menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) negara anggota G20 di Brasil, akhir Februari lalu.

“Mereka melihat bahwa Indonesia a head the curve dari sisi fiskal consolidation-nya pendapatan negara, belanja dan berbagai upaya reformasi yang dilakukan untuk menyehatkan dan perkuat APBN,” terang Sri Mulyani dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, dikutip Jumat (7/3/2024).

Indonesia tercatat tumbuh di atas 5% pada tahun penuh 2023 tepatnya sebesar 5,05% sementara pada kuartal IV-2023 sebesar 5,04%.

Baca:HP China Berdarah-Darah, Cuma Huawei dan Honor Selamat dari Jurang

Angka ini merupakan tertinggi keempat dibandingkan negara-negara G20 lainnya.

Baca:Jokowi Bareng Prabowo Resmikan 33 Ruas Jalan di Madiun Rp925 Miliar

Sementara defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya sebesar 1,65% di 2023 terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Defisit ini jauh lebih kecil dari yang diasumsikan sebelumnya. Bahkan, lebih kecil dibandingkan masa pandemi pada 2020 yang sempat meningkat di atas 6%.

Lebih lanjut jika dibandingkan negara-negara G20 lainnya, Indonesia berada diperingkat kelima atau hanya di bawah Saudi Arabia, Singapura, Kanada, dan https://mendapatkankol.com/Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*