Sisa 7 Bulan di Kabinet, Ini Deretan PR Kominfo

SHARE  

4 Bulan Bangun 5 Ribu BTS, Cek Lokasi Tol Langit Jokowi Foto: Ilustrasi infrastruktur telekomunikasi/ Ilham Restu

Jakarta, CNBC Indonesia¬†– Masa kerja Kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’aruf Amin masih tersisa sekitar 7 bulan lagi. Sebelum pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memimpin, ternyata Kementerian Kominfo masih punya banyak PR.

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengaku kementeriannya masih punya banyak pekerjaan rumah, salah satunya terkait penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Termasuk pembangunan BTS 4G yang masih tersisa. Selain itu juga memastikan konektivitas terjaga dengan baik.

Sejumlah regulasi juga tengah digodok di Kementerian Kominfo, mulai dari turunan UU Pelindungan Data Pribadi yang akan berbentuk Peraturan Pemerintah.

“UU PDP kita sedang mengatur yang namanya PP-nya, peraturan pemerintahnya,” kata Nezar, ditemui di Kominfo, Jumat (22/8/2024).

PILIHAN REDAKSICerita BAKTI Kominfo Diprotes Saat Bangun Infrastruktur di Wilayah RIPemkab Seluma Ajukan 52 Titik Lokasi Akses Internet Baru

Selain itu juga akan ada aturan tambahan Artificial Intelligence. Bisa berbentuk Peraturan Presiden atau Peraturan Menteri Kominfo.

“Hal yang lain, kita juga meningkatkan diseminasi soal anti-hoax, disinformasi dan disinformasi. Itu menjadi program prioritas sampai dengan Oktober ini,” ungkap Nezar.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mendukung pembangunan infrastruktur dan interoperabilitas untuk menciptakan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Ini dilakukan dengan kerja sama antar kementerian yang disebut sebagai SPBE.

Sistem itu direncanakan bisa dilakukan sebelum Oktober. Pemerintah juga membentuk satuan tugas untuk mendorong sistem itu bisa berjalan.

“kita sudah membentuk Satgas, kita bekerja sama dengan Kemenpanrb untuk mendorong, speed up, mengakselerasi beberapa prioritas-prioritas penting untuk dilakukan menuju launching sebelum Oktober ini,” jelas https://mendapatkankol.com/Nezar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*